Popular Post

Posted by : Andrian Suseno 26 Des 2015

Pada postingan kali ini penulis ingin menjelaskan mengenai APP (Akademi Pimpinan Perusahaan) yang sekarang berganti nama menjadi Politeknik APP Jakarta, sesuai dengan keputusan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 03/M-IND/PER/1/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik APP Jakarta. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui tentang APP ini sendiri, berikut penjelasan mengenai APP.
Apa itu Politeknik APP (Akademi Pimpinan Perusahaan)?
Gedung Kampus Merah, Politeknik APP Jakarta
Apa itu Politeknik APP (Akademi Pimpinan Perusahaan)?
Logo Politenik APP Jakarta

Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) adalah salah satu perguruan tinggi milik pemerintah di bawah pengelolaan Kementerian Perindustrian. Akademi Pimpinan Perusahaan merupakan perguruan tinggi perintis Manajemen Industri di Indonesia. Akademi Pemimpin Perusahaan disingkat APP didirikan tahun 1957 (pengesahan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 488 / TU, tanggal : 15 Januari 1959). Jurusan yang dibuka sesuai dengan kebutuhan pada waktu itu yaitu Mekanik dan Kimia. Hari jadi Akademi Pimpinan Perusahaan diperingati setiap tanggal 22 September. Sejarah APP secara singkat dapat dilihat sebagai berikut:
  • 1960, jurusan diubah menjadi Teknik Industri dan dibuka pula Jurusan Umum Kepemimpinan.
  • 1963, seluruh jurusan dilebur menjadi satu yaitu Jurusan Industrial Manajemen.
  • 1968, dibentuk Pusat APP dengan membawahi 4 (empat) Akademi, yaitu APP (Akademi Pimpinan Perusahaan), ATP (Akademi Teknik Perusahaan), AEP (Akademi Ekonomi Perusahaan) dan AAP (Akademi Akuntansi Perusahaan).
  • 1973, kembali dilakukan perubahan dimana Jurusan Pimpinan diubah menjadi Jurusan Personalia, Jurusan Teknik Perusahaan diubah menjadi Jurusan Produksi, Jurusan Ekonomi diubah menjadi Jurusan Pemasaran, dan Jurusan Akuntansi diubah menjadi Jurusan Pembelanjaan.
  • 1983, APP mulai menyelenggarakan pendidikan Program Diploma III (D.III) Jurusan Manajemen Industri dengan empat Program Studi (Prodi) meliputi: Prodi Manajemen Personalia, Prodi Manajemen Produksi, Prodi Manajemen Pemasaran, dan Prodi Manajemen Keuangan.
  • 1997, membuka Prodi Perdagangan Internasional.
  • 2014, bekerjasama dengan ASPERINDO menyelenggarakan D1 Distribusi Pengiriman.
  • 2014, APP berubah menjadi Politeknik APP Jakarta yang memiliki kekhasan dibidang logistik khususnya industri elektronika dan membuka 3 Program Studi baru yaitu, Manajemen Logistik Industri Elektronika, Manajemen Pemasaran Industri Elektronika dan Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT.

    PILIHAN PROGRAM STUDI

    Akademi Pimpinan Perusahaan Terdiri dari 4 Program Studi Yaitu:
    1. D3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
    2. D3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
    3. D3 Perdagangan Internasional Kawasan ASEAN dan RRT
    4. D1 Distribusi dan Pengiriman

    Selain dari penjelasan mengenai APP (Akademi Pimpinan Perusahaan) itu sendiri dari awal hingga kini berubah nama menjadi Politeknik APP, disini penulis akan menyarankan untuk yang masih galau ingin kuliah dimana setelah lulus dari SMA/SMK kenapa penulis menyarankan untuk Politeknik APP?

    Alasan Memilih Politeknik APP :

    a. Berstatus Negeri 
    Apa itu Politeknik APP (Akademi Pimpinan Perusahaan)?
    Logo Kementrian Perindustrian

    Politeknik APP merupakan perguruan tinggi dibawah kementrian perindustrian, jadi jelas bahwa Politeknik APP merupakan perguruan tinggi negeri.

    b. Merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan

    Apa itu Politeknik APP (Akademi Pimpinan Perusahaan)?
    Logo FMKI

    Selain merupakan perguruan tinggi negeri, Politeknik APP termasuk perguruan tinggi kedinasan, sebab di Politeknik APP menyelenggarakan pendidikan secara gratis / mendapat beasiswa bagi kawan-kawan dari daerah. Politeknik APP pun masuk kedalam organisasi FMKI atau Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia.

    c. Fasilitas Lengkap dan Harga per Semester Terjangkau

    Apa itu Politeknik APP (Akademi Pimpinan Perusahaan)?
    Gambar Gedung Lab, Politeknik APP Jakarta


    Fasilitas pendidikan di Politeknik APP sangatlah lengkap, pasalnya untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari tiap ruangan telah dilengkapi dengan AC, Proyektor, dan Komputer serta speaker. Lab yang terdapat di Politeknik APP, yaitu Lab Bahasa, Lab Komputer, Lab Pergudangan (warehouse Lab) yang dilengkapi rak seperti industri mini, APD, conveyor, dan lainnya. Selain itu terdapat Perpustakaan yang strategis dan modern.
    Harga per semester untuk program D3 yaitu hanya sebesar Rp. 2.750.000, ini merupakan harga yang sangat terjangkau bagi Perguruan Tinggi negeri berkualitas.

    d. Lulusan Terampil

    Lulusan APP terdahulu banyak yang merupakan kalangan sukses sekarang ini. Contohnya yaitu Ketua BPK Indonesia Periode 2014 - 2019, yakni DR. H. Harry Azhar Azis, MA. Biografi singkat beliau.
    Sebagai dunia pendidikan APP hanyalah sarana untuk mencapai kesuksesan dan target dari masing-masing individu, maka dari itu kesuksesan tidaklah dilihat darimana mereka berasal, namun bagaimana cara mereka untuk menjadi sukses. 

    Tagged : Politeknik APP Jakarta, Akademi Pimpinan Perusahaan (APP), cara memilih perguruan tinggi setelah lulus sma/smk, perguran tinggi bagus murah, perguran tinggi negeri jakarta, perguruan tinggi kedinasan, kampus terbaik, kampus merah tercinta.

{ 10 Komentar... read them below or Comment (komen dibawah yoo) }

  1. wah jadi berminat ane masuk APP gan, nice info

    BalasHapus
  2. Kak kasi info yang lebih lagi dong tentang app

    BalasHapus
    Balasan
    1. info lebih yang dimaksud tentang apa memangnya?

      Hapus
  3. NICE INFO BROO ... gabung aja sbg pengurus FMKI APP bagian infokom untuk bisa lebih menyebarluaskan info seputar APP dan FMKI serta program" lainya ( by: Bg. NURDIN ). info lebih lanjut hubungi ane yah ....

    BalasHapus
  4. Kakk, materi ujian app apa aja ya?

    BalasHapus
  5. Kerennn nya kampuss merah tercinta

    BalasHapus

Marilah Kita Terapkan Berkomentar, karena pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak di komentarnya nya.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)

- Copyright © Andrian Suseno - re-Design by Andrian Suseno - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -