Popular Post

Posted by : Andrian Suseno 14 Mei 2014

www.andrian-suseno.blogspot.com
PUSING

Kali ini gua tumben tumbenan nge posting tentang soal pendidikan kek gini, yaa soalnya gua rasa ini dibutuhin buat para anak yang baru lulus SMP yang mau ke SMA/SMK atau anak SMA yang milih jurusan atau anak yang udah lulus SMA/SMK mau ke Universitas/Jenjang pendidikan yang lebih tinggi lainnya, termasuk buat gua sendiri hehee :D
Sebagai anak SMA sekarang gua emang lagi labil labil nya milih jurusan/tujuan nanti setelah lulus SMA, mau nya sih langsung kerja tapi gaji nya gede segudang Hahahaa *imposibruu
Mau kuliah dulu tapi males mikir hahaa mau kerja tapi kerja dimana -__- dong lulusan SMA yg ada jadi "Pekerja Kasar" ogah capek deh .-. Hahaha


Oke langsung aja deh dari pada kebanyakan curhat, berikut >>>

 Penyebab Salah Memilih Jurusan :

1. IKUT IKUTAN TEMEN
Punya temen yang asik dan cocok sama kita itu emang menyenangkan. Tapi jangan sampe gara-gara gak mau pisah,masa depan kita jadi rusak. Beda jurusan gak bakalan ngerusak pertemanan kok. Justru kalo pertemanan rusak gara-gara beda jurusan,itu gak pantas dipanggil “temen”. So jadi gak usah tuh ikut ikutan temen, yang sesuai sama diri sendiri ajalah~

2. PERINTAH ORANG TUA
Penyebab lain dari “salah jurusan” ini adalah karena terlalu ikut apa kata orangtua. Memang orangtua cuma ingin memberi yang terbaik buat anaknya. Tapi kadang yang terbaik menurut orangtua,belum tentu baik untuk kita sebagai anak. Terkadang juga, keputusan orangtua itu berdasarkan pengamatan dari zaman dulu yang terkadang udah gak cocok lagi di zaman modern dan serba tehnologi ini. Kita udah pantas disebut dewasa, dan udah sepantasnya milih jalan yang mau kita jalanin. Memang lebih baik konsultasi sama orangtua dahulu, tapi keputusan akhir nya tetap ditangan kita.

3. LULUSNYA DISITU
Terlalu tingginya passing grade target juga bisa buat salah jurusan. misal kalian targetnya kedokteran,dan kalian buat back up Plannya salah. “asal bisa lulus”,gitu istilahnya.

Nah begitulah sedikit penyebab salah memilih jurusan, lalu gimana cara memilih jurusan yang bener??
Berikut caranya >>>>

Cara Memilih Jurusan yang Tepat

SESUAIKAN SAMA MINAT
Kayaknya ini udah umum, tapi memang ini pertimbangan yang paling penting. Pilihlah jurusan yang memang kita sukai. Bukan karna temen, orangtua atau alasan lain.Gak enak kan kalo melalkukan sesuatu yang kita gak suka? Apalagi kalo terpaksa. Nah mangkanya sesuaiin sama kemauan kita

SESUAIKAN SAMA BAKAT
Kalo kamu gak ngerasa ada suka secara khusus sama 1 pelajaran,mungkin poin ini bakal berguna. Mingkin kamu gak suka,tapi pasti ada minimal 1 pelajaran yang nilai kamu lebih tinggi dari pelajaran lainnya. Nah,bisa jadi disitulah bakat kamu.

SESUAIKAN DENGAN KEPRIBADIAN
Apakah kamu orangnya lebih suka ngerjain tugas sendiri daripada main sama temen? Mungkin hal itu dapat dijadikan acuan ke jurusan mana kamu mau ngelanjut. Misalnya kamu kurang suka bersosial,pilihlah jurusan yang butuh keahlian individu seperti computer. Pokoknya Cari jurusan yang cocok sama kepribadian kamu.

TUJUAN
Banyak orang milih satu jurusan karena menurutnya lapangan pekerjaannya luas,dan gajinya besar. Sebagian lagi milih satu jurusan karena emang tertarik sama hal itu. coba pertimbangkan tujuan kalian. Kalo emang yang kalian lihat itu dari segi uang ya terserah. Dari segi ilmu juga gak apa-apa. Tapi ingat satu hal, “Kalo udah berilmu,uang pasti ngejar”.

Nah,sekian paparan dari kami. Udah kami usahain agar pendek tapi gampang dipahami. Berikut pertanyaan-pertanyaan umum :
Tanya : kak,aku udah milih yang kayaknya sesuai,tapi passing gradenya ketinggian. Gimana tuh kak?
Jawab : ya belajar. Buat dapetin yang kalian mau kan harus dibayar pengorbanan.
Tanya : kak,kok ujung-ujungnya terserah kami?
Jawab :Ya emang. Tujuan kami buat post ini buat ngasih kalian saran,dari sisi pandang mana kalian bisa menilai untuk memilih satu jurusan. Jadi kalian punya dasar untuk memilih satu jurusan. bukan karena temen,pun orangtua,atau alasan lain yang gak berdasar.


Dan ingat,”Dasar kalian memilih satu jurusan itu,camkan baik-baik dalam pikiran dan hati. Jadikan itu semacam motivasi. Jangan sampe motivasi itu redup ditengah jalan”.




Sekian postingan gua kali ini semoga bermanfaat~

#Sumur : masukkampus dengan sedikit pengubahan n_n

Leave a Reply

Marilah Kita Terapkan Berkomentar, karena pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak di komentarnya nya.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Andrian Suseno - re-Design by Andrian Suseno - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -