Popular Post

Posted by : Andrian 25 Des 2015

Manajemen Logistik Politeknik APP
Politeknik APP Jakarta

Sebelum berganti nama menjadi Politeknik APP, APP (Akademi Pimpinan Perusahaan) memiliki 5 program studi, yaitu : Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Perdagangan Internasional, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Produksi. Setelah berganti nama, sesuai dengan keputusan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 03/M-IND/PER/1/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik APP Jakarta, Politeknik APP menjadikan menjadi 3 program studi. Program studi tersebut adalah : Manajemen Pemasaran Industri Elektronika, Perdagangan Internasional Kawasan ASEAN dan RRT, dan Manajemen Logistik Industri Elektronika (MLIE).
Manajemen Logistik Politeknik APP
Logistic - Politeknik APP

Kali ini yang lebih saya tekankan adalah mengenai Manajemen Logistik Industri Elektronika, karena selain judul pada postingan kali ini berjudul “Kenapa Manajemen Logistik?”, saya pun merupakan salah satu mahasiswa Politeknik APP Jakarta dengan Program Studi Manajemen Logistik Industri Elektronika, yang saat ini katanya merupakan angkatan pertama setelah pergantian nama menjadi Poiteknik APP.

Berbicara mengenai logistik, mungkin zaman dahulu dunia secara global belum mengenal dan tidak mau tau-menau mengenai logistik. Terbukti baru beberapa dekade terakhir ini saja logistik menjadi perhatian publik, terlebih untuk para kalangan bisnis dan pemerintah. Padahal kita tau, bahwa logistik itu merupakan faktor terpenting dalam setiap proses atau aliran dari awal (sumber) sampai akhir (tujuan). Tak hanya untuk bisnis, logistik juga berperan penting terhadap kemenangan dari adanya Operasi Militer atau peperangan. Jelas pada militer diperlukan, karena jika logistiknya hancur, maka pasukannya pun akan hancur. Misalnya saat mengadakan operasi militer, ternyara pengiriman amunisi senjata dan makanan terhambat karena adanya cuaca badai yang menyebabkan pesawat pengirim tidak mampu melewatinya. Apa akibatnya? Ya tentulah operasi militer tersebut akan terhambat atau mungkin terhenti. Dari contoh permasalahan tersebut jadi jelaslah bahwa logistik merupakan hal penting bagi dunia secara global. Tak hanya untuk militer, logistik sangat diperlukan untuk kepentingan ekonomi. Pada dasarnya semua orang menginginkan membeli barang murah dengan kualitas terbaik. Dan manajemen logistik lah jawabannya. Jika manajemen logistik diterapkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan ekonomi, jelaslah perusahaan akan mendapatkan profit yang lebih tinggi, tak hanya itu perusahaan dan konsumen juga memperoleh benefit.

Dengan kondisi yang disebutkan diatas, maka memilih Manajemen Logistik Industri Elektronika di Politeknik APP menurut penulis merupakan langkah yang sangat baik. Mengapa? Sebab industri secara global, khususnya secara nasional, akan mulai berpikir untuk kepentingan perusahaannya agar menjadi lebih baik, yaitu dengan mengelola manajemen logistik di perusahaannya. Ekspetasi yang diharapkan kedepannya, yaitu mampu menjadi manusia yang handal dan kompeten dalam bidang Logistik.

Leave a Reply

Marilah Kita Terapkan Berkomentar, karena pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak di komentarnya nya.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Andrian Suseno - re-Design by Andrian Suseno - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -