Popular Post

Posted by : Andrian Suseno 13 Des 2017

Perguruan tinggi merupakan tingkatan teratas dalam jenjang pendidikan setelah melewati fase SMA/SMK sederajat. Pelajar dalam perguruan tinggi sudah tidak lagi disebut sebagai siswa, namun berubah menjadi Mahasiswa. Kata Mahasiswa disini terdapat kata Maha yang artinya paling-paling, disini dapat diartikan bahwa pelajar dalam perguruan tinggi yang disebut sebagai mahasiswa berarti tidak bisa jika disetarakan dengan siswa, tidak bisa di manja seperti siswa yang selalu dan biasanya diberikan fasilitas-fasilitas yang menyeluruh, artinya mahasiswa disini harus mempunyai pemikiran dan tindakan yang lebih tak sebatas hanya mengandalkan para pemberi asupan. Mahasiswa dituntut tak hanya menjadi orang yang berpendidikan, berintelektual, namun juga dituntut sebagai orang yang mampu memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara. Ini semua dimuat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rasanya sangat kurang apabila kandungan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi hanya dilakukan lewat bangku-bangku perkuliahan. Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dimuat tak hanya masalah pendidikan dan pelatihan, namun ada yang lebih penting yaitu pengabdian kepada masyarakat. Mungkin ketika di bangku-bangku perkuliahan kita mampu melaksanakan pendidikan dan penelitian dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, namun untuk pengabdian masyarakat harus melewati jalur organisasi.

Selanjutnya, apakah ber-organisasi itu perlu dan penting​? Atau biasa saja? Atau mungkin ber-organisasi itu tak perlu karena akan mengganggu belajar kita diperkuliahan?
Mungkin disini yang harus ditanyakan ke diri kita masing-masing adalah "apa tujuan kita untuk kuliah di perguruan tinggi?" Apa hanya sebatas mencari ilmu pengetahuan atau hanya mencari gelar untuk dibelakang nama kita kelak atau untuk mencari pacar jodoh atau untuk apa? Nah disinilah kita masing-masing yang menjawabnya.

Jika memang tujuan kita kuliah menjadi mahasiswa itu hanya untuk mencari ilmu pengetahuan, maka ketika keluar dan lulus hanya itu yang kita peroleh. Lagipula ilmu pengetahuan tak hanya didapatkan di bangku perkuliahan, kita juga bisa memperolehnya di internet, seminar-seminar dan lain-lain.

acara suatu organisasi eksternal kampus.

Maka, ketika seseorang sudah menetapkan untuk kuliah sesungguhnya yang ia capai adalah bukan untuk memperoleh ilmu dan untuk pekerjaan semata namun lebih dari itu, yaitu  untuk mengubah mindset dan sikap kita menjadi lebih dewasa dan lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

Marilah Kita Terapkan Berkomentar, karena pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak di komentarnya nya.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Andrian Suseno - re-Design by Andrian Suseno - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -