Popular Post

Posted by : Andrian 17 Sep 2012

Contoh Karya Ilmiah Masuknya Budaya luar ke Indonesia


I. PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Kebudayaan adalah hasil karya pemikiran manusia yang dilakukan dengan sadar dalam kehidupan kelompok. Unsur-unsur potensi budaya yang ada pada manusia antara lain pikiran (cipta), rasa, dan kehendak (karsa). Untuk menjadi manusia sempurna, ketiga unsur kebudayaan tersebut tidak dapat dipisahkan. Dalam hubungan ini Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa “Kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat”.


Kebudayaan bersifat dinamis. Kebudayaan selalu berubah seiring perkembangan zaman. Perubahan kebudayaan ini telah terjadi sejak zaman pra-sejarah yaitu berubahnya pola hidup berburu dan meramu menjadi pola hidup bercocok tanam tingkat lanjut dan perundagian.


Perubahan kebudayaan disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktor pendukungnya adalah adanya kontak dengan kebudayaan lain. Seperti masuknya kebudayaan India ke Nusantara (Indonesia) pada awal zaman sejarah. Kebudayaan India tersebut mempengaruhi kepercayaan dan ritual masyarakat, seni dan teknologi, serta tata cara administrasi pemerintahan yang cukup tinggi.


Perubahan kebudayaan seperti di atas tidak dapat kita hindari. Pada era modernisasi, perubahan kebudayaan berlangsung sangat cepat karena pengaruh kemajuan teknologi. Budaya asing dapat masuk ke Indonesia sewaktu-waktu dan membuat perubahan yang signifikan mulai dari pola pikir, perilaku, sampai pola hidup masyarakat.

Budaya asing yang sangat besar pengaruhnya terhadap kebudayaan di Indonesia adalah budaya barat. Budaya barat masuk ke berbagai sektor termasuk cara berpakaian. Budaya pakaian orang Indonesia yang tertutup sebagai simbol kepribadian orang timur mulai bergeser. Terutama di kalangan para remaja. Gaya berpakaian remaja menjadi lebih terbuka dannorak. Bahkan, di kota-kota besar seperti Jakarta, gaya hidup bebas yang merupakan gaya pop barat sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.


Seiring berubahnya waktu masuknya budaya pop sekarang ini tidak hanya di dominasi oleh budaya barat. Asia pun sudah mulai menjadi pengekspor budaya pop. Selain Jepang, Korea mulai bertindak sebagai pengekspor budaya pop melalui tayangan hiburan dan menjadi saingan berat bagi Amerika dan negara-negara Eropa. Hal ini sejalan dengan kemajuan industri hiburan Korea dan kestabilan ekonomi mereka.


Selama sepuluh tahun terakhir, demam budaya pop Korea melanda Indonesia. Fenomena ini dilatarbelakangi Piala Dunia Korea-Jepang 2002 yang berakhir dengan masuknya Korea sebagai kekuatan empat besar dunia. Kesuksesan Korea di Piala Dunia 2002 semakin menaikkan prestise Korea di mata dunia.


Berbeda dengan budaya pop Jepang yang hanya menjangkau anak-anak dan remaja, budaya pop Korea mampu menjangkau segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Menurut Kim Song Hwan, seorang pengelola sindikat siaran televisi Korea Selatan, produk budaya Korea berhasil menjangkau penggemar di semua kalangan terutama di Asia disebabkan teknik pemasaran Asian Values-Hollywood Style. Artinya, mereka mengemas nilai-nilai Asia yang dipasarkan dengan gaya modern. Istilah ini mengacu pada cerita-cerita yang dikemas dengan nuansa kehidupan Asia, namun pemasarannya memakai cara internasional dengan mengedepankan penjualan nama seorang bintang atau menjual style.


Globalisasi budaya pop Korea atau yang lebih dikenal dengan Korean Wave (Hallyu) ini berhasil mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia. Hasil diskusi dalam rangka memperingati hari jadi Jurusan Korea di Universitas Gadjah Mada menyatakan bahwa Korea pada abad 21 berhasil bersaing dengan Hollywood dan Bollywood dalam memasarkan budaya ke dunia luar. Berbagai produk budaya Korea mulai dari drama, film, lagu, fashion, hingga produk-produk industri tidak hanya mewabah di kawasan Asia tetapi sudah merambah ke Amerika dan Eropa.


Di kota Tegal, banyak dijumpai remaja yang melakukan imitasi terhadap budaya pop Korea tersebut, mulai dari gaya rambut, model pakaian, aksesoris, sampai pola hidup dan cara berinteraksi dengan teman sebaya. Hal ini ditegaskan oleh pernyataan teman-teman remaja kepada peneliti bahwa mereka sangat menyukai budaya pop Korea seperti film Korea, BoyBand Korea, sampai bintang top Korea. Salah satu alasannya adalah keindahan gaya atau style para pemain film dan boy band, keindahan penampilan dan fisik bintangnya, serta alur cerita film Korea yang dramatis dan unik.


Hal tersebut menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti eksistensi budaya asli Indonesia di kalangan remaja Kota Tegal berkaitan dengan merebaknya budaya pop Korea di tanah air dan sikap imitasi yang berlebihan dari kalangan remaja kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan judul “PENGARUH BUDAYA POP KOREA TERHADAP EKSISTENSI KEBUDAYAAN ASLI INDONESIA DI KALANGAN REMAJA KOTA TEGAL”.



1.2 Permasalahan Penelitian

Penelitian ini berfokus pada kebudayaan Pop Korea, kebudayaan asli Indonesia, dan pola perilaku remaja terhadap kebudayaan Pop Korea. Telaah fokus dirumuskan sebagai berikut:

* Bagaimanakah pola perilaku remaja kota Tegal terhadap budaya Pop Korea?

* Bagaimanakah pengaruh budaya Pop Korea terhadap perilaku sosial remaja kota Tegal?

* Bagaimanakan eksistensi kebudayaan asli Indonesia setelah budaya Pop Korea merebak di kalangan remaja kota Tegal?



1.3 Tujuan Penelitian

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan definisi tentang pengaruh kebudayaan Pop Korea terhadap eksistensi kebudayaan asli Indonesia. Selanjutnya secara khusus tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendapatkan gambaran tentang:

* Pola perilaku remaja kota Tegal terhadap budaya Pop Korea.

* Pengaruh budaya Pop Korea terhadap perilaku sosial remaja kota Tegal.

* Eksistensi kebudayaan asli Indonesia setelah budaya Pop Korea merebak di kalangan remaja kota Tegal.



1.4 Manfaat Penelitan

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk berbagai kepentingan bagi pihak lain, antara lain:

1. Bagi Pemerintah

Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan pemerintah agar masuknya kebudayaan asing tidak sampai menggeser kebudayaan asli Indonesia.


2. Bagi Lembaga Pendidikan Indonesia

Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi semua lembaga pendidikan di Indonesia bahwa sekolah sebagai lembaga pendidikan formal hendaknya menjadi wadah untuk mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan asli Indonesia.


3. Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Hasil penelitian ini akan menambah khasanah kepustakaan yang berkaitan dengan eksistensi kebudayaan Indonesia.



II. LANDASAN TEORI


2.1 Kebudyaan


2.1.1 Hakikat Kebudayaan

“Budaya” berasal dari kata majemuk budi daya atau kekuatan dari akal, akal atau budi itu mempunyai unsur-unsur cipta atau pikiran, rasa, karsa atau kehendak. Hasil dari ketiga unsur itulah yang disebut kebudayaan. Dengan demikian, kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa, dan karsa.

Kata “kebudayaan” berasal dari (bahasa Sansekerta)budhayah yang merupakan bentuk jamak kata “budhi” yang berarti budi atau akal. Kebudayaan diartikan sebagai “hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal.

Adapun istilah culture yang merupakan istilah bahasa asing yang sama artinya dengan kebudayaan berasal dari kata Latin Colere. Artinya mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau bertani. Dari asal arti tersebut, yaitu colerekemudian culture, diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam (Soekanto, 2006: 150).

Orang yang pertama kali merumuskan definisi kebudayaan menurut Effendhie (1999: 2) adalah E.B Taylor (1832 – 1917), guru besar Antropologi di Universitas Oxford pada tahun 1883. Pada tahun 1871, E.B Taylor mendefinisikan kebudayaan sebagai berikut: “Kebudayaan adalah mencakup ilmu pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan, serta kebiasaan-kebiasaan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat”.

Sementara itu, beberapa ilmuwan Indonesia juga telah membuat definisi kebudayaan. Koentjaraningrat, guru besar Antropologi di Universitas Indonesia mendefinisikan kebudayaan sebagai “keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar”.

Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan bahwa kebudayaan adalah semua hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam kehidupan masyarakat yang diperoleh dengan cara belajar.



2.1.2 Unsur-unsur Budaya

Soekanto dalam bukunya yang berjudul “Sosiologi Suatu Pengantar” (2006: 153) mengemukakan bahwa kebudayaan setiap bangsa atau masyarakat terdiri dari unsur-unsur besar maupun unsur-unsur kecil yang merupakan bagian dari suatu kebulatan yang bersifat sebagai kesatuan.

Pada diri manusia terdapat unsur-unsur potensi budaya (Suparto, 1985: 54) seperti:

* Pikiran (Cipta), yaitu kemampuan akal pikiran yang menimbulkan ilmu pengetahuan. Dengan akal pikirannya manusia selalu mencari, mencoba menyelidiki, dan kemudian menemukan sesuatu yang baru.
* Rasa, dengan pancainderanya manusia dapat mengembangkan rasa estetika (rasa indah), dan ini menimbulkan karya-karya seni atau kesenian.
* Kehendak (karsa), manusia selalu menghendaki akan kesempurnaan hidup, kemuliaan, dan kesusilaan.

Dengan potensi akal pikir (cipta), rasa, dan karsa itulah manusia berbudaya. Di samping ketiga unsur tersebut, Melville J. Herskovits juga mengemukakan unsur-unsur kebudayaan yang lain, yaitu:

1. Alat-alat teknologi;
2. Sistem ekonomi;
3. Keluarga;
4. Kekuasaan politik.


Pakar sosiologi lainnya yang merumuskan unsur-unsur kebudayaan adalah Bronislaw Malinowski, yang terkenal sebagai salah seorang pelopor teori fungsional dalam antropologi. Unsur-unsur tersebut antara lain:

* Sistem norma yang memungkinkan kerja sama antara anggota masyarakat di dalam upaya menguasai alam sekelilingnya;
* Organisasi ekonomi;
* Alat-alat dan lembaga atau petugas pendidikan; perlu diingat bahwa keluarga merupakan lembaga pendidikan yang utama;
* Organisasi kekuatan.


Masing-masing unsur tersebut digunakan untuk kepentingan ilmiah dan analisanya diklasifikasikan ke dalam unsur-unsur pokok atau unsur-unsur besar kebudayaan, yang lazim disebut cultural universal. Istilah ini menunjukkan bahwa unsur-unsur tersebut bersifat universal, artinya unsur-unsur tersebut dapat dijumpai pada setiap kebudayaan yang ada di seluruh dunia.
Adapun tujuh kebudayaan yang dianggap sebagaicultural universals (Soekanto 2006: 154), yaitu:

* Peralatan dan perkembangan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, senjata, alat-alat produksi, transpor, dan sebagainya);

* Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi, dan sebagainya);

*Sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, sistem perkawinan);

* Bahasa (lisan maupun tertulis);

* Kesenian (seni rupa, seni suara, seni gerak, dan sebagainya);

* Sistem pengetahuan;

* Religi (sistem kepercayaan).




Cultural universal tersebut di atas dapat dijabarkan lagi ke dalam unsur-unsur yang lebih kecil. Ralph Linton menyebutnya sebagai kegiatan kebudayaan atau cultural activity.


2.2 Budaya Pop Korea


2.2.1 Hakikat Budaya Pop


Secara umum, budaya populer atau sering disingkat budaya pop merupakan budaya yang ringan, menyenangkan, trendi, banyak disukai dan cepat berganti. Dalam pandangan John Fiske (1989), agar menjadi budaya populer, sebuah komoditas budaya haruslah dapat melahirkan ketertarikan pada banyak orang karena budaya pop bukan sekadar barang konsumsi, melainkan sebuah budaya


Hollyday, dkk (2004) mengemukakan empat karakteristik budaya populer , antra lain:

1.Diproduksi oleh industri budaya;
2.Cenderung berlwanan dengan folk culture (warisan budaya tradisional yang sifatnya berorientasi ritual dan non komersial);
3.Keberadaannya diterima di mana-mana;
4. Memenuhi fungsi sosial.



Budaya populer ini berperan besar dalam mempengaruhi pemikiran seseorang dalam memahami orang atau kelompok lain karena budaya pop merupakan budaya yang dapat diterima oleh semua kalangan.
Dilihat dari sejarahnya, kehadiran budaya pop tidak dapat dilepaskan dari perkembangan pembangunan pada abad ke-19 dan abad ke-20. Pada abad ke-19, pembangunan aspek media massa, khususnya surat kabar dan novel menjadikan masyarakat dari suatu negara dapat mengakses trend kultur dari negara lain tanpa ada jarak. Memasuki abad ke-20, penemuan radio, televisi, dan komputer juga turut berperan dalam penyebaran trend kultur dari satu negara ke negara lain.
Budaya populer sebelum masa industri disebut juga sebagai budaya yang berasal dari budaya rakyat (folk culture). Ia mengangkat masalah ini melalui pendekatan yang beranggapan bahwa budaya pop adalah sesuatu yang diterapkan pada “rakyat” dari atas. Budaya pop adalah budaya otentik “rakyat” yang kemudian berkembang menajadi sebuah budaya yang populer di tengah masyarakat. Namun, seiring perkembangan masyarakat industri, budaya pop sekarang dipandang sebagai budaya massa.
Budaya massa mulai banyak menarik perhatian teoritikus sejak tahun 1920 dimana pada tahun tersebut mulai bermunculan sinema dan radio, produksi massal dan konsumsi kebudayaan, bangkitnya fasisme dan kematangan demokrasi liberal di sejumlah negara Barat.
Dengan demikian, budaya pop merupakan budaya massa yang berkembang di tengah masyarakat industri. Budaya pop bersifat ringan dan mudah diterima oleh masyarakat banyak.


2.2.2 Budaya Pop Korea

Pada awalnya, kajian tentang budaya populer tidak dapat dipisahkan dari peran Amerika Serikat dalam memproduksi dan menyebarkan budaya Populer. Negara tersebut telah menanamkan akar yang sangat kuat dalam industri budaya populer, antara lain melalui Music Television (MTV), McDonald,Hollywood, dan industri animasi mereka (Walt Disney, Looney Toones, dll). Namun, perkembangan selanjutnya memunculkan negara-negara lain yang juga berhasil menjadi pusat budaya populer seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, dan Taiwan.
Menurut Nissim Kadosh Otmazgin, peneliti dari Center for Southeast Asian Studies (CSEAS) Kyoto University, Jepang sangat sukses dalam menyebarkan budaya populernya. Ia mengemukakan bahwa, “Selama dua dekade terakhir, produk-produk budaya populer Jepang telah diekspor, diperdagangkan, dan dikonsumsi secara besar-besaran di seluruh Asia Timur dan Asia Tenggara”. Manga (komik Jepang), anime (film animasi),games, fashion, musik, dan drama Jepang (dorama) merupakan contoh-contoh budaya populer Jepang yang sukses di berbagai negara.
Setelah Jepang, menyusul Korea Selatan yang melakukan ekspansi melalui budaya populer dalam bentuk hiburan. Amerika Serikat sebagai negara asal budaya pop juga mendapat pengaruh penyebaran budaya pop Korea tersebut. Hal ini dibuktikan dengan masuknya beberapa artis Korea keHollywood. Di samping itu, film-film Korea juga menjadi magnet bagi sutradara Hollywood untuk melakukan re-make film Korea, salah satunya Il Mare yang ceritanya diadopsi Hollywoodmenjadi Lake House. Kasus di Amerika Serikat tersebut menjadi contoh keberhasilan ekspansi budaya populer Korea di dunia.
Proses penyebaran budaya Korea di dunia dikenal dengan istilah Hallyu atau Korean Wave. Hallyu atau Korean Wave (“Gelombang Korea”) adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Pada umumnya Hallyu mendorong masyarakat penerima untuk mempelajari bahasa Korea dan kebudayaan Korea.
Dengan demikian budaya pop Korea merupakan budaya massa yang dapat diterima oleh semua kalangan dan berkembang melampaui batas negara. Budaya pop Korea ini bukanlah budaya asli Korea yang bersifat tradisional, melainkan budaya yang diciptakan sesuai dengan arah selera pasar (market-driven).


2.2.3 Budaya Pop Korea di Indonesia


Berkembangnya budaya pop Korea (Hallyu) di negara-negara Asia Timur dan beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia menunjukkan adanya transformasi budaya asing ke negara lain. Berkembangnya budaya pop Korea di Indonesia dibuktikan dengan munculnya “Asian Fans Club” (AFC) yaitu blog Indonesia yang berisi tentang berita dunia hiburan Korea. AFC didirikan pada 1 Agustus 2009 oleh seorang remaja perempuan bernama Santi Ela Sari.
Berdasarkan data statisktik dari situs Pagerank Alexa, Asian Fans Club adalah situs ‘Korean Intertainment’ terbesar di Indonesia. Sedangkan dari segi karakteristik demografis, pengunjung Asian Fans Club hampir seluruhnya berasal dari Indonesia, sebagian besar merupakan wanita berusia di bawah 25 tahun dengan akses internet rumah maupun sekolah.
Jika dilihat dari statistik jumlah pengunjung, sampai 3 Juni 2011, Asian Fans Club telah dikunjungi sebanyak 42.811.744 pengunjung. Hal ini berarti Asian Fans Club dikunjungi oleh rata-rata 58.646 orang setiap hari. Jumlah posting dari juni 2009 sampai juni 2011 mencapai 16.974 post dengan grafik jumlah post yang terus meningkat setiap bulan. Pada bulan Juni 2009 tercatat berita di post sejumlah 49 berita dalam satu bulan. Setahun kemudian yaitu di bulan Juni 2010 jumlah post mengalami meningkat pesat menjadi 629 dalam satu bulan dan terus meningkat sampai 1.542 post dalam bulan Mei 2011.
Data di atas menunjukkan bahwa budaya pop Korea di Indonesia berkembang sangat baik. Perkembangan ini dimulai pada tahun 2009 dan berkembang pesat pada tahun 2011 ini.
Dalam konsepsi budaya, budaya populer yang dibawa Korea berada dalam dimensi konkret yang terwujud dalam artifak-artifak budaya seperti lagu, drama, film, musik, program televisi, makanan, dan bahasa. Sedangkan dimensi abstrak yang berupa nilai, norma, kepercayaan, tradisi, makna, terkandung secara tidak langsung dalam artifak budaya tersebut. Berkaitan dengan Asian Fans Club, budaya pop Korea yang diterima kelompok penggemar di Indonesia masih terbatas pada dimensi konkret, yaitu penerimaan terhadap musik, film, drama, dan artis-artis Korea.
Dengan demikian, berkembangnya budaya pop Korea (Korean Wave) di Indonesia merupakan perwujudan globalisasi dalam dimensi komunikasi dan budaya. Globalisasi dalam dimensi ini terjadi karena adanya proses mengkreasikan, menggandakan, menekankan, dan mengintensifikasi pertukaran serta kebergantungan informasi dalam dunia hiburan, dalam hal ini adalah dunia hiburan Korea. Kebergantungan ini masih dalam dimensi konkrit. Meskipun demikian, jika korean wave ini tidak disertai dengan apresiasi terhadap kebudayaan nasional, maka dikhawatirkan ekstensi kebudayaan nasional bergeser nilainya menjadi budaya marginal (pinggiran). Apalagi prosentase terbesar penerima korean wave di Indonesia adalah remaja. Padahal, remaja merupakan tonggak pembangunan nasional. Jika remaja sekarang sudah tidak mengenal kebudayaannya sendiri, maka kebudayaan nasional dapat mengalami kepunahan dan berganti dengan kebudayaan baru yang tidak sepenuhnya sesuai dengan kepribadian nenek moyang negara kita.
Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian terhadap eksistensi kebudayaan asli Indonesia di kalangan remaja. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi dampak negatif yang muncul akibat dari korean wave agar kebudayaan asli Indonesia masih memiliki nilai budaya yang tinggi di mata masyarakat Indonesia.



2.3 Kebudayaan Indonesia

Kebudayaan Indonesia dapat didefinisikan sebagai seluruh kebudayaan lokal yang telah ada sebelum terbentuknya negara Indonesia pada tahun 1945. Seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari kebudayaan beraneka ragam suku di Indonesia merupakan bagian integral dari kebudayaan Indonesia.


Menurut J.J. Hoenigman , wujud kebudayaan Indonesia dibedakan menjadi tiga yaitu gagasan, aktivitas, dan artefak.

Gagasan (Wujud ideal)
Wujud ideal kebudayaan berbentuk ide-ide, gagasan,nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak, tidak dapat diraba atau disentuh.

Aktivitas (tindakan)
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Dalam hal ini, hal yang diamatai adalah pola perilaku remaja kota Tegal terhadap budaya pop Korea yang meliputi gaya berpakaian, model rambut, dan interaksi sosial.

Artefak (karya)
Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya manusia dalam masyarakat yang berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Dalam penelitian ini, artefak yang akan diamati adalah benda-benda yang dimiliki oleh remaja kota Tegal berkaitan dengan budaya pop Korea. Misalnya, poster artis korea, VCD boy band maupun drama/film Korea, pin bergambar artis Korea, kumpulan majalah yang berisi berita-berita dunia hiburan Korea yang dimiliki oleh remaja kota Tegal.


Ketiga wujud kebudayaan di atas akan digunakan sebagai media untuk mengetahui tingkat fanatisme remaja kota Tegal terhadap budaya pop Korea sekaligus sebagai alat ukur eksistensi kebudayaan Indonesia di kalangan remaja kota Tegal. Kebudayaan Indonesia dapat dikatakan eksis apabila kebudayaan masih diketahui, dipahami atau dimengerti, ditaati, dan dihargai (Soekanto 2006: 177) oleh remaja kota Tegal di tengah-tengah arus globalisasi budaya pop Korea (hallyu ataukorean wave).



III. METODOLOGI PENELITIAN


Secara operasional, metode penelitian adalah cara yang digunakan selama penelitian berlangsung dari awal sampai akhir. Uraian mengenai metode yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: (a) Pendekatan Penelitian, (b) Penentuan Latar Penelitian, (c) Sumber Data dan Metode Pengumpulan Data.


3.1 Pendekatan Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena berusaha memahami makna dan memahami secara mendalam perilaku remaja terhadap budaya pop Korea dan bagaimana pengaruhnya terhadap eksistensi kebudayaan Indonesia asli. Penelitian dalam pandangan fenomenologik bermakna memahami peristiwa dalam kaitannya dengan orang dalam situasi tertentu (Moleong, 1995). Pemahaman terhadap situasi tertentu menuntut penelitian yang bersifat natural atau wajar sebagaimana adanya, tanpa dimanipulasi, diatur dengan eksperimen atau tes, pendekatan tersebut disebut naturalistik (Nasution, 1988). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh budaya pop Korea terhadap eksistensi Kebudayaan asli Indonesia di kalangan remaja kota Tegal.



3.2 Penentuan Latar Penelitian

Latar penelitan ini ditentukan, yaitu SMA Negeri 5 Kota Tegal. Dipilihnya SMA Negeri 5 Kota Tegal atas pertimbangan tujuan penelitian untuk mendapatkan pola perilaku remaja terhadap budaya pop Korea. Penelitian di SMA Negeri 5 Kota Tegal diperkirakan sudah dapat mewakili remaja se-Kota Tegal karena siswa yang menempuh pendidikan di sekolah tersebut berasal dari berbagai daerah atau kecamatan di Kota Tegal.


3.3 Sumber Data dan Metode Pengumpulan Data


Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakanpurposive sampling, karena tidak dimaksudkan untuk menentukan wakil populasi, melainkan untuk menentukan wakil informasi. Oleh karena itu, subjek dalam penelitian ini adalah semua remaja yang bersekolah di SMA Negeri 5 Tegal. Ketigapuluh remaja tersebut dipandang mampu mewakili informasi perilaku remaja terhadap budaya pop Korea. Sedangkan, remaja yang akan diwawancarai hanya lima belas siswa, yaitu sebelas orang perempuan dan empat orang laki-laki.

Metode pengumpulan data adalah pengamatan dan wawancara, merupakan metode yang lazim digunakan oleh para etnograf (Danandjaja 1988: 101). Pengamatan dan wawancara dibangun sebagaimana dikemukakan oleh Spradley (1980: 34), dimulai dengan “pengamatan dan wawancara deskriptif, pengamatan terfokus, wawancara struktural dan pengamatan selektif serta wawancara secara kontras”.

Untuk penelitian ini digunakan pengamatan terlibat (participation observation) wawancara mendalam dan dokumentasi.

Pengamatan Terlibat

Pada permulaan pengamatan, peneliti mengamati secara menyeluruh terhadap semua gejala yang ditemui di lingkungan remaja SMA Negeri 5 Kota Tegal. Langkah berikutnya memfokuskan diri pada hal-hal yang menjadi objek penelitian, dan akhirnya secara selektif memilih hal-hal yang khas dan yang paling relevan untuk diamati dengan lebih cermat.

Pengamatan sebagai teknik pengumpulan data yang mengandalkan indera mata dilaksanakan secara terlibat. Dengan metode pengamatan terlibat, peneliti melibatkan diri dalam kegiatan yang menjadi sasaran penelitian, tanpa mengakibatkan perubahan yang sudah berjalan.

Pengamatan terlibat secara umum ditujukan pada pola perilaku remaja terhadap budaya pop Korea, meliputi pengamatan terhadap penampilan dan minat remaja terhadap jenis hiburan.


Wawancara
Wawancara sebagai metode pengumpul data ditujukan kepada informan terpilih. Informan ini dipilih dengan pertimbangan relevansi kewenangan dan kemampuannya. Singarimbun dalam Marjuni (2000: 51) berpendapat bahwa informan haruslah orang yang memiliki pengetahuan dan sikap yang relevan dengan tujuan penelitian.


Bentuk wawancara yang digunakan meliputi wawancara bebas terpimpin dan wawancara sambil lalu. Wawancara bebas terpimpin adalah prosedur wawancara yang mengikuti pedoman seperlunya. Pedoman wawancara yang digunakan adalah pedoman wawancara terstruktur, yaitu pedoman wawancara yang disusun secara terperinci sehingga menyerupai check-list. Pewawancara tinggal membubuhkan check-list atau melingkari pada nomor pilihan yang sesuai (Arikunto 1993: 197).


Wawancara sambil lalu adalah wawancara yang ditujukan kepada orang-orang tanpa melalui seleksi terlebih dahulu secara teliti, akan tetapi hanya kepada orang yang dijumpai secara kebetulan. Wawancara sambil lalu ditujukan kepada remaja yang dijumpai pada saat istirahat atau di luar jam pelajaran.






Pengamatan Dokumen

Dokumen yang menjadi sasaran pengamatan adalah apa saja berbentuk artefak yang dimiliki oleh remaja SMA Negeri 5 Kota Tegal yang berhubungan dengan budaya pop Korea. Dokumen-dokumen yang diamati adalah artefak atau benda-benda seperti poster, pin, pakaian, dan foto-foto perilaku remaja yang mencerminkan budaya pop Korea.






IV. HASIL PENELITIAN


Dalam bab IV ini dijelaskan (a) Deskripsi umum karaktersitik remaja SMA Negeri 5 Kota Tegal, (b) Deskripsi hasil penelitian tiap fokus meliputi deskripsi pola perilaku remaja terhadap budaya pop Korea, pengaruh budaya pop terhadap perilaku sosial remaja, eksistensi kebudayaan asli Indonesia berkaitan dengan berkembangnya budaya pop Korea, (c) Konseptualisasi.



4.1 Deskripsi Umum Karakteristik Remaja SMA Negeri 5 Kota Tegal


SMA Negeri 5 Tegal terletak di Jalan Kali Kemiri II Margadana dan termasuk sekolah paling baru di Kota Tegal. Merupakan sekolah berstandar nasional. Remaja yang belajar di sekolah tersebut kebanyakan berasal dari daerah Margadana dengan rata-rata tingkat perekonomian menengah.


4.2 Laporan Penelitian Tiap Fokus


Berkembangnya budaya pop Korea ke negara-negara Eropa juga Asia, memberikan dampak luar biasa bagi industri hiburan dan mode di negara-negara tersebut, temasuk di Indonesia. Hallyu di Indonesia menyerang kaum remaja sampai dewasa. Namun, dalam penelitian ini hanya difokuskan pada pola perilaku remaja.

Banyak kajian yang menggambarkan perilaku fanatik remaja tehadap budaya pop tersebut. Mulai dari penampilan sampai artefak atau benda-benda yang berhubungan dengan budaya pop Korea tengah diminati sebagian besar remaja di Indonesia, termasuk di Kota Tegal.

Pada pengamatan dan wawancara yang peneliti lakukan di lapangan, menunjukkan sebagian besar remaja SMA Negeri 5 Kota Tegal mengenal budaya pop Korea. Hal ini tercermin dari penampilan dan gaya rambut sebagian remaja di daerah tersebut. Mulai dari potongan rambut sampai cara menata rambut bagi remaja perempuan.

Pengamatan dilakukan terhadap seluruh siswa atau remaja SMA Negeri 5 Kota Tegal, sedangkan wawancara hanya dilakukan kepada 15 orang siswa atau remaja mengingat banyaknya jumlah populasi remaja di sekolah tersebut. Dari kelima belas responden yang diwawancarai empat orang diantaranya adalah remaja laki-laki, sisanya adalah perempuan. Wawancara dilakukan menggunakan model terstruktur. Hasil wawancara menunjukkan bahwa sepuluh orang merupakan penggemar budaya pop Korea, sedangkan lima orang bukan penggemar budaya pop Korea. Dari kelima orang bukan penggemar, empat diantaranya laki-laki. Dengan demikian, kebanyakan remaja SMA Negeri 5 Tegal yang menyukai budaya pop Korea adalah perempuan.

Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengamatan peneliti terhadap artefak yang dimiliki oleh remaja SMA Negeri 5 Kota Tegal. Artefak itu berupa pin, poster, VCD film dan boy band, serta berbagai peralatan sekolah bergambar artis Korea. Hasil pengamatan menunjukkan, remaja yang memiliki artefak yang berhubungan dengan budaya pop Korea tersebut sebagian besar perempuan.

Beberapa responden mengungkapkan bahwa ia menyukai hiburan Korea karena pengaruh penampilan fisik danstyle artis atau boy band Korea tersebut. Apipah siswa kelas XII SMA Negeri 5 Kota Tegal menyebutkan, “aku suka dengan film Korea karena aktor dan aktrisnya cakep-cakep dan cantik-cantik. Ceritanya menarik. Aku juga suka dengan boy bandKorea karena penampilannya keren abis...”. Sedangkan menurut Rita Ismatul, “aku suka film Korea karena ceritanya sangat romantis membuat kami semua tertarik”.

Kedua responden di atas menunjukkan respon yang sama yaitu menyukai penampilan dan style artis Korea, bukan hanya sekadar menyukai cerita yang disuguhkan oleh film maupun drama seri Korea. Hal ini dipertegas oleh pernyataan Umu Aemanal, salah satu remaja penggemar berat hiburan Korea, “aku suka film dan drama Korea karena ceritanya pendek tapi sangat berkesan. Pemainnya juga cakep-cakep”.

Ketiga responden di atas juga memiliki benda-benda atau artefak yang bergambar artis Korea seperti poster, pin, tempat pensil bergambar artis Korea, dan beberapa pakaian model orang Korea. Meskipun demikian, mereka tetap masih menyukai dan menghargai kebudayaan asli Indonesia sebagai kebudayaan nasional yang patut dihargai.

Seperti yang dikatakan oleh Trisna, “walaupun aku suka hiburan Korea tetapi aku tidak lupa dengan lagu-lagu maupun film Indonesia. Aku tetap senang karena aku hidup di Indonesia jadi walaupun suka dengan hiburan Korea jangan sampai melupakan kebudayaan kita sendiri”. Trisna juga mengatakan bahwa sebagai warga negara Indonesia kita tidak boleh terlalu fanatik dengan kebudayaan Korea.

Penghargaan terhadap kebudayaan Indonesia juga diperlihatkan oleh Rita, “Bagaimanapun kebudayaan Indonesia lebih bagus daripada Korea. Kita harus membuat negara Indonesia lebih maju dengan cara meraih prestasi yang lebih tinggi”.


Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa budaya pop Korea berpengaruh terhadap perilaku remaja, akan tetapi tidak sampai melunturkan apresiasi terhadap kebudayaan asli Indonesia. Terbukti bahwa responden (remaja) masih menyukai lagu-lagu maupun film Indonesia sebagai kebudayaan asli yang patut dilestarikan.






4.3 Konseptualisasi


Menurut Soekanto (2006: 177) bahwa kebudayaan dikatakan masih eksis di suatu negara atau masyarakat apabila kebudayaan itu:

1. Masih diketahui;
2. Masih dipahami atau dimengerti;
3. Masih ditaati;
4. Masih dihargai oleh masyarakat kebudayaan tersebut.


Pendapat Soekanto di atas merupakan pijakan utama dalam mengambil simpulan apakah kebudayaan asli Indonesia masih eksis di tengah-tengah halyyu atau korean wave,khususnya di kalangan remaja Kota Tegal.

Melihat dari hasil penelitian dan wawancara yang dilakukan, budaya pop Korea memberikan dampak yang besar terhadap perilaku sosial remaja di Kota Tegal terutama dalam hal penampilam (mode) dan kepemilikan artefak yang berhubungan dengan budaya pop Korea tersebut. Budaya pop Korea yang berpengaruh pada perilaku sosial remaja masih dalam dimensi konkret.

Pengaruh budaya pop Korea berbeda antara satu remaja dengan remaja lainnya. Ada beberapa remaja yang sangat fanatik ada pula yang biasa saja meskipun mereka termasuk kelompok penggemar Korea. Beberapa remaja yang fanatik diantaranya, Dewi Sri Wulan (17 tahun), Noti Hori Marunda (17 tahun), dan Apipah (18 tahun). Menurut Noti, “aku suka banget dengan Korea, bahkan bisa dibilang fanatik kali ya... Aku punya banyak poster dari negeri Korea terutama Bae Yong Jun, dia fisiknya oke banget”. Hal ini ditegaskan pula oleh Apipah, “aku fanatik dengan Korea, setiap hari aku tidak pernah melewatkan drama seri Korea di salah satu stasiun tivi kita.”

Sedangkan Dewi Prasetya Ningrum (16 tahun) merasa biasa saja dengan budaya pop Korea tersebut, “aku memang penggemar Korea tetapi aku merasa biasa aja, tidak sampai fanatik. Karena aku kan orang Indonesia, aku harus tetap menghargai film dan lagu Indonesia dong...”. Hal ini juga dikemukakan oleh Prita Widyaningrum (18 tahun), “aku merasa biasa aja dengan film dan boy band Korea dan masih menyukai film-film juga lagu Indonesia karena Indonesia kan negara sendiri yang tidak mungkin dilupakan”.

Beberapa pendapat di atas menunjukkan bahwa pengaruh budaya pop Korea tidak sama antara satu remaja dengan remaja yang lainnya. Meskipun demikian, hasil wawancara menunjukkan bahwa beberapa remaja yang fanatik terhadap budaya pop Korea ternyata masih memiliki apresiasi terhadap kebudayaan asli Indonesia. Menurut mereka budaya pop Korea digemarinya agar tidak ketinggalan zaman. Menurut Dewi Sri Wulan, “aku fanatik dengan hiburan Korea biar nggak dibilang jadul atau ketinggalan zaman. Mungkin kalau film-film Korea sudah tidak banyak diminati, aku bisa aja nggak jadi fanatik lagi”.

Berbeda dengan Dewi Sri Wulan, Rosmawati mengatakan bahwa ia merasa biasa saja dan hanya ingin sekadar mengetahui budaya pop Korea sebagai tambahan pengetahuan, “aku tidak terlalu suka, aku hanya perlu tahu sebagai tambahan pengetahuan aja. Menurut aku sih kita tidak perlu menyukai apalagi meniru karena bukan kebudayaan kita”.

Uraian di atas menunjukkan bahwa budaya pop Korea memiliki pengaruh pada perilaku sosial remaja SMA Negeri 5 Kota Tegal terbatas pada dimensi konkret seperti penampilan dan kepemilikan artefak yang berkaitan dengan budaya pop Korea. Meskipun demikian, pengaruh yang ditimbulkan tidak terlalu membahayakan kebudayaan asli kita. Karena sebagian besar dari mereka (baik penggemar maupun bukan penggemar Korea) masih mengetahui, memahami atau mengerti, masih mentaati, dan menghargai kebudayaan asli Indonesia.


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa budaya pop Korea yang berkembang di kalangan remaja Kota Tegal hanya merupakan euforia atau sebagai bentuk aktualisasi diri remaja saja. Aktualisasi merupakan kebutuhan utama remaja dalam penemuan jati diri mereka. Budaya pop Korea yang berkembang di kalangan remaja kota Tegal tidak meruntuhkan eksistensi kebudayaan asli Indonesia.


V. PENUTUP


5.1 Simpulan

Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa budaya pop Korea memiliki pengaruh terhadap pola perilaku sosial remaja di Kota Tegal. Namun, pengaruh tersebut masih dalam dimensi konkret seperti gaya atau penampilan dan kepemilikan artefak yang berhubungan dengan hiburan Korea. Budaya pop Korea tersebut pun tidak mempengaruhi atau menggeser eksistensi kebudayaan asli Indonesia di kalangan remaja Kota Tegal.



5.2 Saran

Adapun saran yang peneliti ajukan, antara lain:


Sekolah sebagai lembaga pendidikan hendaknya mampu menyediakan ruang sebagai tempat aktualisasi kebudayaan asli Indonesia sehingga remaja sebagai generasi penerus bangsa memiliki apresiasi yang tinggi terhadap kelestarian budaya bangsa.


Pemerintah hendaknya memberikan perhatian yang lebih bagi remaja yang menonjol dalam bidang kebudayaan.






DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Danandjaja. 1988. Antropologi Psikologi. Jakarta: Rajawali.

Effendhie, Machmoed. 1999. Sejarah Budaya. Jakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Marjuni. 2000. Pola Pembinaan Anak Usia Pra-Sekolah Melalui Prinsip-prinsip “Bermain Sambil Belajar”. Tesis. Pascasarjana UNY.

Scribd. 2011. Korean Wave di Indonesia, Budaya Pop Internet, dan Fanatisme Remaja. Online. Diposkan pada 2011 dihttp://www.scribd.com/doc.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Spradley, J.P.M. 1980. Metode Etnografi. Terjemahan Misbah Imelfa Elisabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suparto. 1985. Sosiologi dan Antropologi SMA Kelas II Semester 3-4 Program Ilmu-ilmu Sosial dan Pengetahuan Budaya. Bandung: Armico.

Tian. 2010. Pola Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia. Online. Diposkan oleh Tiankids pada 2010 dihttp://tiankids.web.id/pola-kehidupan-sosial-budaya-masyarakat-indonesia.

Wikipedia Bahasa Indonesia. 2010. Korean Wave. Online. Diposkan pada 2010 di http://id.wikipedia.org/wiki/budaya .

Wikipedia Bahasa Indonesia. 2010. Korean Wave. Online. Diposkan pada 2010 dihttp://id.wikipedia.org/wiki/Korean_wave.

{ 2 Komentar... read them below or Comment (komen dibawah yoo) }

Marilah Kita Terapkan Berkomentar, karena pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak di komentarnya nya.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)

- Copyright © Andrian Suseno - re-Design by Andrian Suseno - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -