Popular Post

Posted by : Andrian Suseno 4 Mei 2013

Siapasih yang engga tau Nuklir?? Pasti pada tau kan, Nuklir kalo menurut ane sih tenaga yang besar hehe

Nuklir emang kedengarannya sangat menakutkan dan berhubungan dengan ledakan besar, namun pernyataan-pernyataan tentang Nuklir itu semua hanyalah sebuah anggapan biasa di negara-negara lain terutama Indonesia. Hal ini bisa saja benar adanya, karena Teknologi itu dapat menciptakan kesengsaraan dan dapat juga mempermudah proses kerja manusia, itu semua sih tergantung dari bagaimana dan untuk apa diciptakannya Teknologi tersebut. Senjata nuklir tentu sangat berbahaya karena dapat melenyapkan sebuah Negara atau bahkan planet bumi, namun Nuklir juga dapat melayani energi listrik yang mendukung kegiatan manusia dalam berkarya. Melihat dari hal tersebut marilah coba kita lihat sebuah cara membuat nuklir sederhana.

Pada reaktor nuklir terjadi pembangkitan panas yang dihasilkan dari reaksi nuklir dengan bahan bakar uranium U-235 perbandinganya adalah 1 kg uranium pada reactor nuklir sama dengan 3000 ton batu bara pada pembangkit listrik tenaga batu bara. jadi apabila melihat dari perbandingan nuklir dengan batu bara ini maka dapat dilihat cara mana yang lebih baik karena pada pembangkit listrik tenaga uap dengan batu bara mungkin tidak terlalu banyak resiko dan membutuhkan teknologi canggih, namun penggunaan batu bara sebenarnya merupakan sebuah pemborosan dan banyak menghasilkan polusi. jadi pada reaktor nuklir yang dimanfaatkan adalah panas yang dihasilkan oleh reaksi nuklir tersebut. pembangkitan panas dapat terjadi dengan berbagai cara yang merupakan hasil uji coba pada aktifitas inti atom.
Mengenal Nuklir dan Prinsip Kerjanya serta Cara Membuat Nuklir Sederhana
www.andrian-suseno.com
Prinsip kerja pembangkit listrik tenaga Nuklir ( PLTN )
Pada prinsipnya pembuatan listrik tenaga nuklir adalah pemanfaatan reaksi nuklir yang terjadi untuk memanaskan air dalam sebuah gentong sehingga menimbulkan uap, selanjutnya uap tersebut dialirkan melalui pipa-pipa untuk menggerakan turbin-turbin, nah.. turbin tersebut kemudian dihubungkan kepada generator – generator raksasa yang berfungsi untuk mengubah energi gerak mekanik menjadi energi listrik, karena pada dasarnya ada tiga hal yang dapat digunakan untuk membangkitkan energi listrik yaitu air, angin dan uap. sehingga yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendapatkan air, angin dan uap tersebut yang dalam teknologi nuklir ini uap dihasilkan oleh PLTN untuk menghasilkan listrik.

Hal inilah yang menjadi alasan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan nuklir meskipun secara nyata belum membuatnya karena kehadiran nuklir tersebut dapat digantikan oleh gunung berapi atau panas bumi untuk menghasilkan Uap sehingga dapat dihasilkan energi listrik, yang menjadi masalah adalah banyaknya tenaga ahli nuklir Indonesia yang bekerja di luar negeri atau belum mau atau siapnya sumber daya menusia untuk mengolah kekayaan negara tersebut sehingga banyak berdatangan bangsa asing untuk mengolahnya dengan alasan investasi. Setelah membaca artikel ini, semoga agan-agan semua dapat membuat Nuklir yang berguna bagi Indonesia. Sebenernya ane ga tau bikin Nuklir sederhana, ane cuman niat share aja kok, ane lagi belajar-belajar juga :D. Bagi yang tau cara bikin Nuklir sederhana ga ada salah nya di share di Bawah(Coment) ya :)





Tags : Nuklir, Mengenal Nuklir, Prinsip Kerja Nuklir, Cara Mmbuat Nuklir Sederhana, Nuklir sederhana

{ 2 Komentar... read them below or Comment (komen dibawah yoo) }

  1. nuklir itu setahu saya malah mahal dan bahaya ... tpi mksh infonya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahal investasi di awal saja, setelah itu nuklir bias dimanfaatkan dengan murah disbanding minyak bumi atau batu bara karena lebih efisien.
      Contoh saja: Sebuah kapal induk Amerika, hanya perlu mengisi 1 kali nuklir untuk pelayaran selama 13 tahun.. setelah itu baru ngisi lagi... nah kebayang dong gimana hemat dan efisiennya nuklir

      Hapus

Marilah Kita Terapkan Berkomentar, karena pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak di komentarnya nya.
Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)

- Copyright © Andrian Suseno - re-Design by Andrian Suseno - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -